Filsafat Pendidikan (Aksiologi )
Aksiologi pada hakikatnya adalah konsepsi-konsepsi
abstrak di dalam diri manusia atau masyarakat, mengenai hal-hal yang di anggap
baik, benar dan hal-hal yang di anggap buruk dan salah.
Tugas pendidikan, termasuk pendidikan di sekolah.
Yang paling utama, ialah menanamkan nilai-nilai. Aksiologi merupakan suatu
pendidikan yang menguji dan mengintergrasi semua nilai tersebut dalam kehidupan
manusia. Untuk selanjutnya nilai-nilai itu ditanamkan dalam kepribadian anak.
Aksiologi juga memiliki dua cabang yaitu etika dan estika, dimana keduannya itu
sangat berperan dalam sebuah pendidikan.
Menurut Bakhtiar, apakah nilai itu bersifat
subjektif atau objektif sangat tergantung pada hasil pandangan yang muncul
dalam filsafat. Nilai akan menjadi subjektif tatkala subjek sangat berperan
dalam segala hal, kesadaran manusia menjadi tolak ukur, atau eksistensi, makna
dan validitasnya tergantung pada subjek yang menilai. Nilai itu bersifat objektif jika ia tidak tergantung pada subjek atau
kesadaran yang menilai. Nilai bersifat objektif berangkat dari pandangan bahwa
tolak ukur suatu gagasan berada pada objeknya.
Dalam pendidikan , pendidik tidak hanya transfer of knowledge tapi juga transfer of value.
0 komentar:
Posting Komentar