(RPP)
Nama Sekolah : SD IT
Al-Munawaroh
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : 2 /
I
A.
Alokasi Waktu
2 x
35 menit (1 x pertemuan)
B.
Standar Kompetensi
2. Mengenal
berbagai bentuk benda dan kegunaannya serta perubahan wujud yang dapat
dialaminya
C.
Kompetensi Dasar
2.1
Mengidentifikasiciri-ciri bendapadat dan cairyang ada dilingkungan
sekitar
D.
Indikator
1.
Menunjukkanberagam jenisbenda padat dancair yang ada disekitar
2. Membedakan
ciri-ciribenda padat dan benda cair
E.
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat
menunjukkan beragam jenis benda padat dan cair yang ada di sekitar
2. Siswa dapat menyebutkan sifat benda padat dan benda cair
F.
Materi Pembelajaran
Bentuk
dan wujud benda serta kegunaannya
G.
Metode Pembelajaran
Ceramah, Diskusi, Praktik
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
No.
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Waktu
|
1.
|
Kegiatan
Pendahuluan
a.
Mengawali
pembelajaran dengan mengucap salam dan berdo’a bersama-sama.
b.
Melalukan
absensi kehadiran peserta didik.
c.
Memberi
motivasi untuk tetap semangat belajar.
d.
Memperkenalkan
materi yang akan dipelajari bersama-sama.
|
15 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
a.
Guru
menyuruh peserta didik berkelompok sesuai dengan kelompok yang sudah
ditentukan dan mempersiapkan materi, benda-benda yang akan dipratikkan oleh
setiap kelompok.
b.
Guru
menjelaskan tentang benda padat dan benda cair.
c.
Guru
menyuruh beberapa peserta didik untuk menyebutkan contoh benda pada dan benda
cair yang ada di lingkungan.
d.
Guru
membagikan tabel pengamatan kepada setiap kelompok.
e.
Dengan
dipandu guru, setiap kelompok mengamati, mengelompokkan benda padat dan benda
cair yang ada di meja, dan mengisi pengamatannya di tabel yang sudah di
sediakan.
f.
Guru
menyuruh setiap kelompok untuk membacakan hasil pengamatannya serta
menyimpulkan ciri-ciri benda padat dan benda cair.
g.
Guru
memperkuat jawaban peserta didik tentang ciri-ciri benda padat dan benda
cair.
|
40 menit
|
3.
|
Kegiatan
Penutup
a.
Guru
memberi kesempatan kepada peserta didik yang belum paham tentang materi yang
sudah di pelajari.
b.
Guru
menyimpulkan materi pelajaran yang sudah dipelajari.
c.
Guru
memberi tugas kepada peserta didik untuk mengerjakan soal-soal yang ada di
buku paket.
d.
Mengakhiri
pembelajaran dengan membaca hamdalah dan mengucap salam
|
15 menit
|
I.
Sumber, Media, Alat Pembelajaran
Sumber : Buku paket IPA kelas 2
Media :
a.
Alat-alat
tulis
b.
Batu
c.
Potongan
kayu
d.
Air
e.
Minyak
goreng
f.
Sirup
g.
Kecap
h.
Susu
cair
Alat : Wadah / gelas plastik
J.
Penilaian
1.
keaktifan
pada diskusi dan praktik, penilaian sikap dan tingkah laku.
2.
Tes
tertulis
Contoh tes
tertulis
1.
Batu
adalah benda......
2.
Air
adalah benda.....
3.
Air
dalam botol akan berbentuk.....
4.
Alat-alat
tulis adalah benda....
5.
Ciri-ciri
benda padat adalah.....
TABEL
PENGAMATAN
Berilah tanda
centang (ⱱ) jika benda yang diamati itu benda padat atau benda cair.
No.
|
Gambar
Dan Nama Benda
|
Jenis
Benda
|
|
Benda
Padat
|
Benda
Cair
|
||
1.
|
Kayu
|
|
|
2.
|
Susu cair
|
|
|
3.
|
Buku
|
|
|
4.
|
Pensil
|
|
|
5.
|
Air
|
|
|
6.
|
Batu
|
|
|
8.
|
Sirup
|
|
|
9.
|
Kecap
|
|
|
10.
|
Penggaris
|
|
|
11.
|
Penghapus
karet
|
|
|
12.
|
Minyak goreng
|
|
|
Ciri-ciri
|
||
No.
|
Benda
Padat
|
Benda
Cair
|
1.
|
|
|
2.
|
|
|
3.
|
|
|
Batang Februari 2016
Mengetahui Guru Kelas
MiftaAriswati,S.Pd.I
0 komentar:
Posting Komentar